Latar Belakang Berdirinya Kerajaan Kediri Adalah

Jawaban yang benar adalah karena Raja Airlangga dari Medang Kamulan membagi kerajaannya menjadi dua, yaitu Kerajaan Kediri untuk Samarawijaya dan Kerajaan Jenggala untuk Mapanji Garasakan.

Soal menanyakan mengenai latar belakang berdirinya kerajaan Kediri.

Kerajaan Kediri adalah kerajaan bercorak Hindu yang berpusat di Dahanapura, Kediri, Jawa Timur. Kerajaan ini memiliki banyak nama lain, seperti Kerajaan Kadiri, Daha, dan Panjalu. Kerajaan Kediri berdiri pada abad ke-11, atau lebih tepatnya pada 1045 M dengan Sri Samarawijaya sebagai raja pertamanya.

Sejarah berdirinya Kerajaan Kediri bermula saat Raja Airlangga dari Medang Kamulan membagi kerajaannya menjadi dua, yaitu Kerajaan Kediri untuk Samarawijaya dan Kerajaan Jenggala untuk Mapanji Garasakan. Kendati demikian, dua putra Airlangga tersebut masih berseteru karena sama-sama merasa berhak atas seluruh takhta. Peperangan antara Samarawijaya dan Garasakan pun terus terjadi selama 60 tahun lamanya. Pada akhirnya, Kerajaan Kediri lebih unggul dari Jenggala dan ibu kotanya dipindahkan dari Daha ke Kediri.

Jadi, yang melatar belakangi berdirinya kerajaan kediri adalah karena Raja Airlangga dari Medang Kamulan membagi kerajaannya menjadi dua, yaitu Kerajaan Kediri untuk Samarawijaya dan Kerajaan Jenggala untuk Mapanji Garasakan.

Lihat Juga :   Apa Nama Lain Piagam Jakarta